Teknik hipnoterapi adalah berbagai macam, anda pun sebenarnya bisa menciptakannya sendiri, tentunya dengan serangkaian percobaan yang anda buat dan eksperimenkan, salah satu teknik dalam hipnoterapi adalah pengelolaan submodalitas atau bisa kita sebut sebagai teknik hipnoterapi penguatan dan submodalitas.

Teknik hipnoterapi penguatan dan submodalitas sebelum kita membahasnya tentu kita harus tahu apa itu submodalitas, submodalitas adalah kemampuan panca indera untuk menerima informasi dengan membuat sebuah pengalama dari penggabungan panca indera kita.

Dalam submodalitas semua informasi yang kita peroleh akan menjadi sebuah pengalaman, dan setiap kejadian akan membuat sebuah pengalaman yang berbeda-beda, tentunya anda dengan lebih mudah membedakan perasaan senang dan perasaan sedih, karena perasaan tersebut akan mengguanakan submodalitas yang berbeda.

teknik hipnoterapi penguatan dan submodalitas

image from : http://us.123rf.com/

Teknik hipnoterapi penguatan dan submodalitas adalah penting dan sangat berguan, setiap informasi yang di peroleh panca indera memang memiliki pengalaman  yang berbeda-beda, namun kabar baiknya adalah biarpun pengalamannya berbeda kita dapat mengubah submodalitas yang ada maka pengalaman yang direkam dalam otak akan berubah.

Contohnya dari penerapan teknik penguatan dan submodalitas adalah sebagai berikut, coba anda bayangkan pengalaman anda ketika anda merasa sangat bahagia, bagaimana gambar yang muncul apakah berwarna atau hitam putih, dua atau tiga dimensi, kemudian bagaimana suara yang menjadi latar belakangnya stereo atau mono, volumenya berapa besar, kecepatan suara dan rasakan suhu yang ada apakah panas atau dingin. Dapatkan perasaan itu dengan menggunakan modalitas anda yaitu visual,audio dan kinestetik.

Dalam penerapan teknik penguatan dan submodalitas kita memperkuat perasaan-perasaan positif dan memperlemah perasaan-perasaan negatif atau bisa jadi merubaha perasaan negatif menjadi perasaan yang memberdayakan dengan pengalaman yang positif.