Seni merubah diri dengan berbagai kegiatan spiritual dan tradisi sudah sangat mengakar sekali di Indonesia, negeri tercinta ini, banyak sekali tradisi-tradisi yang ditujukan untuk merubah dan baik secara pribadi maupun secara spiritual.

keilmuan nusantara

image from : http://cache.desktopnexus.com/

Sebagai contoh sederhana dari setiap keilmuan di Jawa pasti ada “lelaku” atau prasyarat yang haris dipenuhi seperi puasa, mutih, hanya makan buah-buahan, “kungkum” (berendam dalam air), tapa brata, mati geni dan lain sebagainya.

Dalam dunia spiritual kegiatan prasyarat seperti diatas ditujukan untuk berubah diri melalui jalan spiritual, melalui pengalaman pribadi secara jiwa dengan tujuan adalah untuk merubah diri menjadi yang baru dan juga untuk mendapatkan jalan pencerahan.

Transpersonal Hypnotherapi

Dalam dunia hipnoterapi kegiatan seperti ini dikenal dengan Transpersonal Hyonotherapi, Tanspersonal berasal dari kata trans yang artinya adalah “melampau” dan persona yang artinya adalah “topeng” jadi transpersonal hypnotherapi adalah aplikasi dari hypnotherapi untuk melampaui pribadi yang ada dalam diri sendiri, atau dengan kata yang lebih sederhana adalah membuat pribadi baru.

Dalam budaya nusantara transpersonal hipnotherapi sudah dilakukan oleh nenek moyang sejak jaman dahulu kala, walaupun dengan cara yang belum mereka bisa jelaskan secara ilmiah.

Contoh praktek transpersonal hipnoterapi dapat kita lihat dengan jelas pada ilmu kewibawaan atau pengasihan, misalnya ilmu khodam macan putih atau ilmu pengasihan seperti jaran goyang atau semar mesem. Dalam praktinya para pelaku dan pengamal ilmu ini adalah mempunyai tujuan agar mereka memiliki pribadi yang baru, yang tadinya tidak berwibawa menjadi berwibawa, menjadi sangat percaya diri, bisa memikat banyak orang dan lain sebagainya disesuaikan dengan jenis keilmuannya.

Langkah pertama dalam keilmuan nusantar di tempuh dengan prasyarat khusus, yang intinya adalah untuk memperkuat “belief” seseorang kalau dalam hipnoterapi formal bisa di samakan dengan “sugesti diri” atau self hypnosis.

Dalam prasyarat tersebut biasanya di gabung dengan mantera tertentu, mantera sendiri telah di susun oleh orang bijak yang memang benar-benar memahami pola bahasa dan suara yang bisa langsung menembus kritikal faktor orang tersebut, mantera ini bisa juga disebut afirmasi, hebatnya leluhur kita bisa meramu mantera dengan sangat bagus dan apik dengan orama yang bisa menghipnotis para pembacanya.

Repetisi adalah cara selanjutnya, banyak keilmuan tradisional yang menganjurkan untuk membaca manteranya setiap hari minimal 21 hari, selain itu ritualpun harus dilaksanakan selama beberapa hari misalnya 40 hari tanpta henti dan jika berhenti harus di ulang dari awal.

Kekuatan Mistis

Dari mana asal kekuatan mistis tersebut ? dari mana asalnya khodam, akan di lanjut dalam artikel artikel selanjutnya