Begitu mendengar kata sejarah bisa jadi anda akan terbawa pada suatu suasana yang berbeda yang mungkin akan mengingatkan anda pada suatu kejadian tertentu atau bahkan pada pelajaran sejarah yang mungkin kita terima di sekolah, banyak persepsi yang kurang tepat dalam belajar sejarah, mungkin anda bisa tanyakan kepada diri anda sendiri apakah adan yang salah ketika kita belajar sejarah, apakah ada yang kurang setuju dalam diri kita ketika kita belajar sejarah. Saya akan menghitung satu samapi tiga silahkan renungkan pernyataan-pernyataan tadi, 1 .. 2 .. 3..

Sudah lupakan kita lanjutkan pembahasannya, si setiap pelatihan hipnosis yang kami selenggarakan pasti kami akan memberikan materi sejarah hipnosis sebagai bentuk apresasi kami dan bentuk rasa hormat kami kepada para pendahulu yang telah menemukan ilmu ini sehingga bisa bermanfaat buat kita, perhatikan gambar berikut :

sejarah hypnosis

Sejarah hipnotis

Dari gambar diatas secara ringkas dapat di jelaskan bahwa ada empat pengelompokan dalam sejarah hypnosis, yang pertama di mulai dari era tradisional hypnosis dimana masa ini sudah di mulai sejak 4000 SM, dalam masa ini praktik hipnosis terdapat dalam ritual-ritual keagamaan, pengobatan maupun perdukunan. Kemudian di lanjut dengan era magnetism dan masmerism, dalam era ini para ahli di jamannya mempercayai bahwa magnet mempunyai kekuatan untuk menyembuhkan orang dan dalam perkembangan lebih lanjut teknik masmerisme di gunakan untuk anestesi alamiah dalam operasi.

Setelah masa masmerisme berlalu, dalam masa conventional para ahli beranggapan bahwa fenomena yang terjadi dalam magnetism sebenarnya adalah fenomena tidurnya saraf yang bisa di lakukan dengan induksi, tokoh yang terkenal dalam masa ini antara lain adalah James Braid yang terkenal dengan teori teori sugesti ideo-motor reflex dan Sigmund Freud dengan konsep pikiran bawah sadarnya.

Jika dalam masa conventional para ahli masih menggunakan pendekatan yang otoriter maka dalam modern hipnosis para ahli lebih cenderung menggunakan pendekatan yang lebih permisive dimana client atau dianggap bisa melakukan hipnosis sendiri dan terapis adalah pemandu atau fasilitatornya. Bahkan dalam perkembangannya kondisi hipnosis bisa di capai tanpa harus tidur dan bisa di lakukan dengan percakapan seperti biasa. Hal ini membuat perkembangan hypnotherapy sebagai perkembangan dari hipnosis menjadi semakin berkembang dengan pesat. Selamat belajar hipnosis.!!