Menghipnotis orang lain haruslah dilakukan dengan prosedur yang benar, dengan penggunaan prosesdur yang benar maka kita bisa melakukan hipnotis dengan benar dan hasil yang maksimal serta dapat di pertanggung jawabkan,

Menghipnotis orang lain memang bisa dipelajari dengan cepat, namun untuk menjadi master hipnotis kita memerlukan jam terbang yang tinggi sehingga bisa menangani berbagai tipe orang yang berbeda-beda.

Untuk menghipnotis orang lain harus menggunakan prosedur yang benar, berikut adalah prosedur yang benar dalam menghipnotis orang lain.

  1. Pre Induction
  2. Induction
  3. Deepening
  4. Depth Level Test
  5. Suggestion Therapy
  6. Termination
  7. Post Hypnotic

Pre induksi dilakukan sebelum melakukan hipnosis, kegiatan pre induksi adalah kegiatan mengenalkan apa itu hipnosis dan bagaimana prosedur yang dilakukan, pre induksi di lakukan agar klien memehami apa yang akan kita lakukan sehinggat tidak terjadi kesalah pahaman, bila perlu dalam pre induksi kita juga melakukan kesepakatan-kesepakatan, dan melakukan interview permasalahan klien, dan yang tepenting dalam kegiatan pre induksi adalah melakukan tes sugestibilitas dan hypnotic training.

Langkah kedua adalah melakukan induksi, yaitu mengantarkan klien kepada kondisi hipnosis, yaitu untuk masuk ke gelombang otak alfa atau theta, setelah induksi di lanjutkan dengan deepening yaitu mengantarkan klien untuk memasuki kondisi hipnosis yang lebih dalam, untuk mengecek kedalam kondisi hipnosis ini maka di lakukan tes kedalaman kondisi hipnosis atau depth level test.

Jika kondisi klien belum masuk kondisi hipnosis yang dalam sesuai dengan yang di inginkan maka kita dapat mengulangi sesi deepening sampai mendapatkan kondisi yang diinginkan.

Setelah melakukan deepening maka kita akan melakukan terapi sugesti, disini kita dapat melakukan berbagai teknik atau hanya melalui sugesti.

Setelah memberikan sugesti atau terapi langkah selanjutnya adalah melakukan termination yaitu membawa klien ke kondisi normal.

Setelah klien kembali ke kondisi normal, biasanya dia masih memiliki tingkat sugestibilitas yang tinggi, di sini kita bisa memberikan kesimpulan atas apa yang kita lakukan dan memberikan sugesti-sugesti penguatan dari terapi yang baru di lakukan