Post Hipnotik adalah kondisi perubahan perilaku yang di harapkan setela klien di hypnosis, post hipnotik terjadi setelah di lakukan terminsasi atau klien di bangunkan dari kondisi tidur, post hipnotik bisa bertahan lama atau sebentar, semakin lama maka akan semakin bagus. Untuk memberikan kondisi post hipnotik yang sesuai maka sebelum di bangunkan klien bisa di beri sugesti kearahah tujuan terapi dan dapat di lakukan atau di tambahkan kembali sesaat setelah klien bangun.

Contoh pemberian sugesti post hipnotik sebelum klien di bangunkan misalnya “setelah anda bangun nanti anda akan memiliki perasaan yang bahagia dan tubuh yang segar serta sehat”. Setelah bangun sugesti ini bi di tambahkan dengan memberikan pengertian atau sekedar pertanyaan kepada klien misalnya : “anda sekarang menjadi lebih bahagia bukan !. bahagia itu sebenarnya berasal dari hati dan itu sederhana juga karena merupakan pilihan kita saja untuk menjadi lebih bahagia”.

Untuk korban stage hipnotis sangat di sarankan untuk memberikan post hipnotik yang positif setelah mengahiri proses pertunjukan, hal ini penting untuk membuat korban kita menjadi lebih postif, tidak hanya untuk kita manfaatkan saja bukan. Caranya sama misalnya ” seetelah anda bangun nanti anda akan kembali normal, anda kembali ingat lagi anga tujuh, dan anda akan bangun dengan perasaan yang lebih bahagia dan sehat.”.

Pemberian post hipnotik yang sesuai dengan belief sistem klien akan membuat post hipnoti ini bertahan lama, namun pemberian psot hipnoti yang tidak sesuai akan mudah sekali untuk di hilangkan dari memori klien.

Pemberian post hipnotik adalah pemberian sugesti yang tepat dan selalu postif, ini pentinga karena ini juga berperan penting dalam perubahan dalam diri klien.