Adalah sifat  manusia untuk bisa menjadi lebih bahagia melepaskan diri dari berbagai penderitaan, kebahagiaan adalah tujuan, kebahagiaan adalah manifestasi dari kebijakan, kebijakan adalah unsur tertinggi yang mungkin terlupakan karena kita hanya fokus pada penderitaan dan kebahagiaan, kita di sibukan dengan pelarian dari penderitaan, pelarian diri dari sakit dan pelarian diri dari kejahatan yang mungkin menimpa kita.

pengembangan-diri

image source : www.marcandangel.com

Kebijaksanaan akan selalu terkait dengan spiritualitas, keduanya adalah saling mempengaruhi dan terkadang salah satu yang mendahului, semakin bijaksana semakin terbuka pikiran dansemakin kita menyadari betapa hebatnya sang pencipta. Sangatlah sederhana konsep ini, konsep yang sudah di turunkan dari generasi ke generasi.

Yang terjadi sekarang adalah kita terlepas, terperangkap dalam zona rutinitas, terperangkap dalam penjara imajiner, penjara batin yang menghalangi kita untuk melihat lebih jau, jauh ke dalam diri atau jauh ke angkasa dan luasnya dunia.

Dalam keseharian kita disibukan dengan rutinitas, yang konon katanya adalah untuk mencari kebahagiaan, bekerja keras untuk mencari uang yang konon katanya bisa menjadikan hidup lebih bahagia, mencari kekayaan yang konon katanya bisa menjadi lebih sehat dan bisa mengobati penyakit yang muncul, keterikatan pada benda-benda mati, keteriatan pada uang, mobil, rumah dan kekayaan lainnya.

Pengembangan diri terus berjalan, berjalan terus ke arah materialisme, motivasi terus ada, terus dan terus mengejar sesuatu yang konon katanya bisa membuat, menjadi lebih bahagia, manajemen diri di terapkan untuk bisa efektif, efisien mengejar semuanya, menjadi manusia lebih produktif, menjadi robot-robot profesional mencetak uang dan kekayaan.

Kemudian spiritualitas dan kebijaksanaan menjadi tujuan akhir, menjadi tujuan jika kepuasan di dunia bisa terpenuhi dan yang terjadi terus terjadi, yang terjebak tetap terjebak dalam kepuasan yang tidak pernah berakhir dalam rutinitas yang terus terulang dan berulang. Pengembangan diri motivasi manajemen menjadi suatu keharusan sekaran spiritualitas dan kebijaksanaan menjadi tujuan akhir, yang entah kapan tercapai dan entah kapan akan di lakukan.

Keluarlah sejenak dari rutinitas, keluarlah sejenak dari kebiasaan, terbanglah tinggi melayang untuk melihat betapa kecilnya anda, untuk melihat apa yang telah anda lakukan untuk keluarga, diri sediri maupun orang lain, untuk melihat jauh kedepan apa yang sebenarnya anda cari.

Ditulis oleh : #mesinplr