Mendengar kata mantra terkadang kita membayangkan ke arah jaman dahulu dimana ilmu kedigjayaan begitu banyak dan diantaranya banyak menggunakan mantra, sihir, ataupun kekuatan ghaib lainnya dan memang belumlah mengenal mantra hipnotis. Dahulu mungkin kita sering mendengar mantara pelet, mantra semar mesem, mantra sakti, mantra cinta dan lain-lain.

Ki Semar, sumber gambar : www.wayang.wordpress.com

Ki Semar, sumber gambar : www.wayang.wordpress.com

Untuk kemudian apa itu mantra hipnotis ? sebelum di jawab kita awali dengan apa itu hipnotis dan bagaimana seorang hipnotis itu mempengaruhi subjeknya, seorang hipnotis pada dasarnya adalah mempengaruhi alam bawah sadar subjek dengan menggunakan pendekatan bahasa, dia adalah seorang ahli bahasa yang memang bahasa tersebut adalah bahasa yang bisa di gunakan untuk mempengaruhi subjek untuk masuk ke dalam alam bawah sadar.

Selanjutnya bagaimana bahasa ini bekerja ? sederhana kita mengenal ada induksi, induksi sebenarnya adalah serangkaian pola bahasa, pola bahasa yang memiliki kekuatan untuk mengajak subjek ke keadaan tertentu, yang tujuannya adalah untuk melimpuhkan kritikal area, jadi pola-pola induksi adalah sebuah mantra hipnotis, semua pola-pola bahasa yang memiliki kekuatan.

Dalam belajar hipnotis tentunya nanti kita juga akan belajar mantra mantra hipnotis yang di gunakan, kita belajar bagaimana melakukan induksi yang baik dan benar, setelah induksi kemudian deepening untuk memperdalam kondisi hipnosis, dan yang utama adalah pemasukan sugesti atau keyakinan-keyakinan baru ke diri subjek.

Dalam sugesti lah mungkin kita bisa menyebutnya sebagai mantra, kenapa ? karena dalam sugesti inilah alam bawah sadar akan menerima setiap sugesti yang diberikan oleh seorang penghipnotis asalkan sugesti ini tidak bertentangan dengan sistem kepercayaan klien atau biasa disebut dengan belief sistem, kalaupun memang bertentangan maka seorang penghipnotis yang handal dia akan menghancurkan dahulu belief sistem klien untuk kemudian memberikan sugesti-sugesti yang di perlukan.