Banyak perdebatan tentang halal dan haram merupakan sesuatu yang wajar dan sering terjadi di negeri ini, wajarkan ini ? ya wajar-wajar sajalah menurut saya, kenapa ? ya karena masyarakat masih belum bisa menilai sendiri atas apa yang terjadi.

hipnoterapi menurut islam

gambar ilustrasi dari : http://muslimvillage.com/

Ketika suatu masyarakat masih belum bisa memahami sebuah fenomena, dan mereka belum bisa berpikir lepas jauh ke depan, kasus kasus menghalalkan dan mengharamkan akan terus menjadi perdebatan yang justru membuat kita berlarut – larut dalam masalah ini, ketika negara lain sibuk dengan misi perjalanan ke luar angkasa kita masih bejibaku dengan persoalan halal dan haram.

Begitu banyak ayat dalam Al Quran yang menyeru kita untuk berpikir, membuka wawasan contohnya adalah surat Al An’am : 50.

“Katakanlah: Aku tidak mengatakan kepadamu, bahwa perbendaharaan Allah ada padaku, dan tidak (pula) aku mengetahui yang ghaib dan tidak (pula) aku mengatakan kepadamu bahwa aku seorang malaikat. Aku tidak mengikuti kecuali apa yang diwahyukan kepadaku. Katakanlah: “Apakah sama orang yang buta dengan yang melihat?” Maka apakah kamu tidak memikirkan(nya)?”

Kita harus menyadari bahwa agama ini mengajarka untuk berpikir, bukan untuk berprasangka, untuk menuduh tanpa bukti, menuduh dengan cara-cara yang sungguh tidak ilmiah, yang bisa jadi membuat kita tertinggal jauh, membuat kita terbelenggu oleh pikiran kita sendiri, membuat kita takut untuk berpikir jauh kedepan, dan hanya bisa mengenag kejayaan masa lampau yang semakin menjadi hayalan saja. Berpikirlah, ilmiah, rasional, buktikan.

Terbelenggu oleh pikiran sendiri, terbelenggu oleh doktrin-doktrin, membuat kita menjadi eksklusif, di jauhi dan tertinggal.

Dan sayangnya dalam artikel ini saya tidak akan membahas tentang halal haram atau membahas hipnoterapi dalam islam, karena jika kita masih terbelenggu oleh pemikiran kita, masih memiliki cara pandang yang berbeda, dan tentunya keyakinan tanpa bukti ilmiah akan membuat perdebatan ini tak kunjung habisnya.

Selidikilah terlebih dahulu apa itu hipnoterepi, pelajari, anda bisa membuktikannya sendiri.