Pengertian Induksi

Induksi dalam hipnosis dapat diartikan sebagai suatu cara untuk mengajak klien masuk ke kondisi hipnosis atau trance atau subnabulism. Kondisi hipnosis dalam koteks terapi di tandai dengan rileksnya klien dan biasanya terlihat seperti kondisi orang sedang tidur, jika di ukur dengan alat pengukur gelombang otak maka kondisi hipnosi adalah ketika seseorang masuk ke kondisi gelombang otak alfa atau teta.

Macam-macam teknik induksi dalam hipnotis

Teknik induksi dalam hipnosis adalah sangat banyak, semua di temukan oleh ahli-ahli yang berbeda, salah satu yang terkenal misalnya adalah induksi Dave Elman yang sampai dengan sekarang masih banyak di gunakan oleh hipnoterapis profesional, teknik ini akan membawa klien untuk trance dengan cepat dan dalam, selain Dave Elman induksi yang paling banyak dan sering di gunakan adalah progresife relaksasi baik itu yang simpel maupu  lengkap, karena dengan teknik ini klien akan di bimbing untuk melakukan rileksasi secara bertahap, sehingga dapat masuk ke kondisi trance dengan bertahap juga dan pemakaian skrip ini jarang sekali terjadi kegagalam sehingga menjadi favorit.

Selain dua teknik induksi di atas masih ada teknik induksi lain diantaranya adalah :

  1. Fascination yaitu teknik induksi dengan menggunakan pandangan mata, klien di suruh untuk menatap bola mata kita, sampai klien mencapai trance. Teknik ini terlihat ghaib dan menakutkan namun sebenarnya sederhana dan dapat di jelaskan secara mudah saja.
  2. Metode Dr. James Braid, metode ini hampir sama dengan fascination yaitu mencoba membuat mata lelah untuk kemdian memandunya ke kondisi hipnosis atau trance, dahulu kala Dr. James Braid seringkali menggunakan kilauan kristal.
  3. Membuat pikiran menjadi bingung, dengan membuat klien bingung maka untuk beberapa saat kritikal areanya terbuka dan adan dapat dengan segera memberikan sugesti untuk rileks dan masuk ke kondisi hipnosis
  4. Shock induksi, seperti sudah di bahas di sini 
  5. Kehilangan keseimbangan
  6. Metode Dr Tracy
  7. dll

Menjadi seorang hipnoterapis tidaklah harus menguasai semua teknik tersebut, kita hanya memerlukan beberapa teknik yang menjadi favorite kita yang memang benar-benar powerful dan dapat di gunakan untuk semua tipe orang, berikut akan kami jelaskan metode induksi yang power ful (hanya khusus member saja)

[membership management level=3]

Berikut adalah skrip induksi yang harus anda kuasai sebagai seorang hipnoterapis, sebagai langkah awal anda bisa menghafalkan skrip ini untuk selanjutnya anda bisa memodifikasi sesuai dengan keinginan anda, skrip induksi ini bernama Progresif Relaxation yang memang benar-benar efektif dan dapat di gunkana untuk semua tipe klien, skrip ini memandu klien untuk relaks mulai dari mata, kepala hingga ujung kaki. Berikut adalah contoh skripnya :

Sumber skrip : Workshop Hypnosis dan Hypnotherapy, Think Istitute & Indonesia Board of Hypnotherapy

[skrip start]

Bagian Pertama : Pendahuluan

 

Baiklah Bp / Ibu, sebentar lagi kita akan melakukan relaksasi sejenak, agar fisik maupun fikiran kita dapat beristirahat untuk sesaat. Anda boleh menutup mata, dan mengatur fisik anda, agar berada dalam posisi yang benar-benar lepas dan nyaman.

 Sangat nyaman sekali jika kita sesekali dapat membuat diri kita benar-benar dapat melepaskan segala beban, segenap kelekatan. Alangkah luar biasa jika sesekali kita dapat memasuki wilayah yang sangat tenang dan istimewa yang terdapat dalam diri kita sendiri.

 Silakan niatkan dalam hati : “Saya berniat memasuki relaksasi fisik dan pikiran”.

 Ya, kemudian silakan anda mengamati nafas anda ……. dan hayati setiap tarikan serta hembusan nafas anda …! Berikan rasa syukur karena kita masih diberikan karunia nafas ….! Benar-benar hayati setiap tarikan dan hembusan nafas ini !

 

Bagian Kedua : Relaksasi Mata

Fahamilah … bahwa kita semua dikarunia kemampuan yang luar biasa, yaitu kita dapat memerintahkan bagian per-bagian tubuh kita untuk memasuki relaksasi. Cukup hanya menggunakan kuasa kemauan kita dan keyakinan bahwa kita benar-benar memiliki kuasa terhadap tubuh, pikiran, dan jiwa kita sendiri.

Pertama sekali …. saya minta anda untuk memerintahkan “kelopak mata” anda, agar bagian tubuh ini saat ini juga dapat memasuki relaksasi secara nyaman dan sempurna. Baik, silakan katakan dalam hati dengan tegas :

“Wahai mata …. aku perintahkan saat ini juga engkau memasuki relaksasi sempurna, sehingga saat ini juga engkau menjadi sangat malas, sangat lemas, dan benar-benar engkau beristirahat secara sempurna, benar-benar malas dan sangat lemas”.

Ya … sekarang rasakan daerah kepala anda, otot-ototnya benar-benar mengendur dan sangat santai, juga rasakan daerah dahi, kening, seluruh wajah, dan tentu saja daerah kelopak mata ……. semuanya benar-benar menjadi sangat rileks, malas, dan sangat lemas …….! Bahkan sedemikian rileksnya, sehingga ketika anda mencoba untuk menggerakkan kelopak mata, bahkan mata anda benar-benar tidak mau bergerak, bahkan sama sekali tidak berminat untuk bergerak, karena sudah sedemikian malas dan lemasnya …… bahkan semakin anda mencoba untuk membukanya …. maka anda justru akan ditarik memasuki relaksasi yang lebih dalam ….. lebih sempurna ……!

Sekarang silakan anda mencoba untuk membuka mata anda, dan rasakan mata anda justru semakin lemas dan malas, bahkan anda semakin ditarik menuju relaksasi yang lebih dalam lagi …… silakan anda mencobanya ……….

Pada tahapan ini silakan amati apakah mata Client sudah benar-benar lemas ? Jika masih Client masih dapat membuka matanya dengan mudah, maka segeralah minta untuk menutup kembali, dan silakan ulangi bagian Script yang memandu Client untuk “memerintahkan” matanya agar menjadi tidak dapat dibuka.

 

Bagian Ketiga : Relaksasi Leher

Ya, luar biasa, biarkan mata anda tetap tertutup, malas dan sangat lemas ….. ini artinya bahwa anda dapat dengan mudah mengendalikannya …… demikian juga nanti dengan bagian-bagian tubuh anda yang lain …

Rasakan sekarang getaran relaksasi ini turun secara halus dan perlahan ke daerah leher ….. dan tentu saja membuat bagian leher menjadi benar-benar nyaman.

 Sekarang silakan arahkan perhatian ke bagian leher, dan perintahkan juga agar leher anda memasuki relaksasi sempurna, sehingga leher akan menjadi sangat lemas dan malas ……

 Sekarang silakan perintahkan leher anda untuk memasuki relaksasi …… silakan anda katakan kepada leher anda :

 “Wahai leher …. aku perintahkan saat ini juga engkau memasuki relaksasi sempurna, sehingga saat ini juga engkau menjadi sangat malas, sangat lemas, dan benar-benar engkau beristirahat secara sempurna, benar-benar malas dan sangat lemas”.

 Ya, luar biasa sekali, karena saat ini leher anda benar-benar memasuki relaksasi yang sangat sempurna, bahkan saat ini juga ia menjadi sangat malas dan lemas, bahkan lunglai …. seakan-akan tulang-tulangnya menghilang ….. bahkan kini ia tidak dapat menyangga kepala anda … karena ia sudah sedemikian rileksnya ……

 Bahkan sedemikian rileksnya, sehingga ketika anda mencoba untuk menggerakkannya, bahkan leher anda benar-benar tidak mau bergerak, bahkan sama sekali tidak berminat untuk bergerak,karena sudah sedemikian malas dan lemasnya …… bahkan semakin anda mencoba untuk menggerakkannya …. maka anda justru akan ditarik memasuki relaksasi yang lebih dalam lagi ….. lebih sempurna …… lebih nyaman dan lelap ……

 Sekarang silakan anda mencoba untuk menggerakkan sedikit leher anda, dan rasakanlah bahwa leher anda justru semakin melemas dan malas, bahkan anda semakin ditarik menuju relaksasi yang lebih dalam lagi …… silakan anda untuk menggerakkan leher ……….

 Pada tahapan ini silakan amati apakah leher Client sudah benar-benar lemas ? Jika masih Client masih dapat menggerakkan lehernya mudah, maka segera ulangi bagian Script yang memandu Client untuk “memerintahkan” lehernya agar menjadi benar-benar lemas tanpa daya.

 

Bagian Keempat : Relaksasi Tangan & Jari-Jari Tangan

 Ya, sekarang biarkan leher anda beristirahat dengan nyaman, rileks dan sangat lemas …..

Rasakan sekarang getaran relaksasi ini turun secara halus dan perlahan ke daerah bahu ….. punggung belakang …. kemudian dada ……. dan tentu saja membuat bagian-bagian terlewati getaran ini yang menjadi benar-benar nyaman dan sangat rileks …….

Kemudian getaran relaksasi ini juga mulai melewati kedua belah tangan anda …. mulai dari lengan atas …. siku …. pergelangan ….. dan akhirnya mengalir ke jari-jemari anda …… rasakan seluruh bagian tangan benar-benar menjadi sangat rileks … nyaman … dan santai ……

Sekarang silakan perintahkan kepada kedua tangan anda dan juga kepada kesepuluh jari-jemari anda untuk memasuki relaksasi …… silakan anda katakan kepada tangan dan jari-jemari anda :

“Wahai tangan dan jari jemari …. aku perintahkan saat ini juga engkau memasuki relaksasi sempurna, sehingga saat ini juga engkau menjadi sangat malas, sangat lemas, dan benar-benar engkau beristirahat secara sempurna, benar-benar malas dan sangat lemas”.

Ya, luar biasa sekali, karena saat ini kedua belah tangan anda benar-benar memasuki relaksasi yang sangat sempurna, bahkan saat ini juga ia menjadi sangat malas dan lemas, bahkan lunglai …. seakan-akan tulang-tulangnya menghilang ….. demikian juga dengan jari-jemari anda …… sudah benar-benar malas dan lemas sehingga tidak dapat digerakkan sama sekali … karena ia sudah sedemikian rileksnya ……

Bahkan sedemikian rileksnya, sehingga ketika anda mencoba untuk menggerakkannya, bahkan tangan dan jari-jemari anda benar-benar tidak mau bergerak, bahkan sama sekali tidak berminat untuk bergerak, karena sudah sedemikian malas dan lemasnya …… bahkan semakin anda mencoba untuk menggerakkannya …. maka anda justru akan ditarik memasuki relaksasi yang lebih dalam lagi ….. lebih sempurna …… lebih nyaman dan lebih lelap ……

Sekarang silakan anda mencoba untuk menggerakkan sedikit tangan anda, dan rasakanlah bahwa tangan anda justru semakin melemas dan malas, bahkan anda semakin ditarik menuju relaksasi yang lebih dalam lagi …… silakan anda gerakkan sedikit tangan anda  ……….

 

Pada tahapan ini silakan amati apakah tangan Client sudah benar-benar lemas ? Jika masih Client masih dapat menggerakkan tangannya dengan mudah, maka segera ulangi bagian Script yang memandu Client untuk “memerintahkan” tangan dan jari-jemarinya agar menjadi benar-benar lemas tanpa daya.

 

Bagian Kelima : Relaksasi Kaki

Ya, sekarang biarkan kedua tangan dan jari-jemari anda beristirahat dengan nyaman, rileks dan sangat lemas …..

Dan … rasakan sekarang …. getaran relaksasi ini turun secara halus dan perlahan ke daerah pinggang ….. perut …. kemudian turun ke daerah paha … lutut … betis … kemudian menjalar ke telapak kaki ……. dan tentu saja membuat bagian-bagian terlewati getaran ini yang menjadi benar-benar nyaman dan sangat rileks …….

Sekarang silakan perintahkan kepada kedua belah kaki untuk memasuki relaksasi …… silakan anda katakan kepada kedua belah kaki anda :

“Wahai kaki …. aku perintahkan saat ini juga engkau memasuki relaksasi sempurna, sehingga saat ini juga engkau menjadi sangat malas, sangat lemas, dan benar-benar engkau beristirahat secara sempurna, benar-benar malas dan sangat lemas”.

Ya, luar biasa sekali, karena saat ini kedua belah kaki anda benar-benar memasuki relaksasi yang sangat sempurna, bahkan saat ini juga ia menjadi sangat malas dan lemas, bahkan lunglai …. seakan-akan tulang-tulangnya menghilang …..

Bahkan sedemikian rileksnya, sehingga ketika anda mencoba untuk menggerakkannya, bahkan kedua belah kaki anda benar-benar tidak mau bergerak, bahkan sama sekali tidak berminat untuk bergerak, karena sudah sedemikian malas dan lemasnya …… bahkan semakin anda mencoba untuk menggerakkannya …. maka anda justru akan ditarik memasuki relaksasi yang lebih dalam lagi ….. lebih sempurna …… lebih nyaman dan lelap ……

Sekarang silakan anda mencoba untuk menggerakkan sedikit kaki anda, dan rasakanlah bahwa kaki anda justru semakin melemas dan malas, bahkan anda semakin ditarik menuju relaksasi yang lebih dalam lagi …… silakan anda gerakkan sedikit tangan anda  ……….

Pada tahapan ini silakan amati apakah kaki Client sudah benar-benar lemas ? Jika masih Client masih dapat menggerakkan kakinya dengan mudah, maka segera ulangi bagian Script yang memandu Client untuk “memerintahkan” kedua belah kaki-nya agar menjadi benar-benar lemas tanpa daya.

 

Bagian Keenam : Relaksasi Ulang Seluruh Tubuh

Ya, sekarang ….. seluruh tubuh anda benar-benar menjadi sangat rileks dan nyaman ….. benar-benar beristirahat …… sangat ringan ….. lemas dan malas tanpa daya …..

Sekarang mari kita tegaskan sekali lagi …. agar tubuh kita benar-benar memasuki relaksasi yang lebih dalam lagi …….. silakan perintahkan sekali lagi :

“Wahai tubuh …. dari ujung kepala sampai dengan ujung kaki …. aku perintahkan saat ini juga engkau memasuki relaksasi sempurna, sehingga saat ini juga engkau menjadi sangat malas, sangat lemas, dan benar-benar engkau beristirahat secara sempurna, benar-benar malas dan sangat lemas”.

Ya, luar biasa sekali, karena saat ini seluruh tubuh anda benar-benar memasuki relaksasi yang sangat sempurna, bahkan saat ini juga ia menjadi sangat malas dan lemas, bahkan lunglai …. seakan-akan seluruh tulang-tulangnya menghilang …..

Bahkan sedemikian rileksnya, sehingga ketika anda mencoba untuk menggerakkannya bagian manapun dari tubuh anda, bahkan tubuh anda benar-benar tetap diam, bahkan sama sekali tidak berminat untuk bergerak, karena sudah sedemikian malas dan lemasnya …… bahkan semakin anda mencoba untuk menggerakkannya …. maka anda justru akan ditarik memasuki relaksasi yang lebih dalam lagi ….. lebih sempurna …… lebih nyaman dan lelap ……

Sekarang silakan anda mencoba untuk menggerakkan sedikit tubuh anda, dan rasakanlah bahwa seluruh tubuh anda justru semakin melemas dan malas, bahkan anda semakin ditarik menuju relaksasi yang lebih dalam lagi …… silakan anda gerakkan sedikit tubuh anda  ……….

Pada tahapan ini silakan amati apakah tubuh Client sudah benar-benar lemas ? Jika masih Client masih dapat menggerakkan tubunya dengan mudah, maka segera ulangi bagian Script yang memandu Client untuk “memerintahkan” seluruh tubuhnya agar menjadi benar-benar lemas tanpa daya.

 

Bagian Ketujuh : Relaksasi Otak & Pikiran

Ya, sekarang ….. seluruh tubuh anda benar-benar menjadi sangat rileks dan nyaman ….. benar-benar beristirahat …… sangat ringan ….. lemas dan malas tanpa daya …..

Rasakan setiap hembusan nafas anda …. akan menarik anda memasuki relaksasi yang lebih dalam ……. sehingga anda semakin tenang …. damai … dan nyaman sekali …

Bahkan kini andapaun dapat memerintahkan kepada pikiran dan otak anda agar beristirahat ….. karena pikiran dan otak adalah perangkat …….. dan kita dapat mengistirahatkannya ….. silakan katakan dalam hati ……

“Wahai pikiran dan otak  …. aku perintahkan saat ini juga engkau beristirahat dan memasuki relaksasi sempurna, sehingga saat ini juga engkau menjadi sangat malas, sangat lemas, dan benar-benar engkau beristirahat secara sempurna, benar-benar malas dan sangat lemas”.

Ya, luar biasa sekali, anda dapat merasakan bahwa otak dan pikiran mulai memasuki relaksasi …… istirahat ……. sehingga anda benar-benar rileks ….. dan mulai memasuki penghayatan rasa ….. memasuki wilayah rasa ………

 

Bagian Kedelapan : Deepening  (Optional)

Dalam suasana yang semakin nyaman ini ….. bahkan anda dapat memerintahkan agar tubuh fisik, juga otak dan pikiran anda untuk benar-benar memasuki istirahat yang sangat total …. bahkan anda dapat membuatnya untuk tertidur …….

Dan pahami ….. bahwa yang tertidur hanyalah tubuh fisik dan pikiran, sedangkan pikiran bawah sadar anda justru akan terjaga dan menjaga anda …….

Ya, sekarang anda boleh memulai untuk memerintahkan kepada tubuh dan pikiran anda untuk beristirahat lebih dalam ………

Lima …. perintahkan agar tubuh dan pikiran anda memasuki relaksasi lebih dalam …. total …… semakin tenang …. semakin lelap ……

Empat ….. biarkan tubuh dan pikiran anda memasuki tidur yang lebih dalam lagi ….. bahkan saat ini anda dapat membayangkan berada di suatu tempat lain …. yang menurut anda adalah tempat yang nyaman ….. tempat yang indah ….. dimanapun itu …. buatlah semakin jelas …. semakin riel ….. semakin nyata …. bahkan anda dapat merasakan detailnya …. emosinya …….

Tiga ….. semakin lelap ……. lebih dalam lagi ……. rasakan tubuh anda semakin ringan … bahkan anda dapat melupakannya …..

Dua …… masuki tidur lelap berkali lipat lebih dalam …… dan rasakan suasana menjadi sangat hening ……. bahkan anda benar-benar tidak menghiraukan suara apapun juga …. begitu tenang …. fisik anda terlelap ….. fikiran anda bersitirahat …. bahkan seluruh panca-indra anda benar-benar beristirahat ……

Satu ….. silakan nikmati relaksasi yang sangat luar biasa ini ….. silakan anda membayangkan diri anda di suatu tempat yang nyaman dan indah …. dan saat yang sama biarkan fisik dan pikiran anda beristirahat total …… nyaman …. tenang …. damai …….

End of Script

[/membership management]