Hipnosis adalah bahasa, bahasa yang langsung bisa menembus alam bawah sadar seseorang, untuk kemudian bagaimana cara kerja hipnosis ini !.

Sebelum berlanjut bagaimana cara kerja hipnosis, kita harus tahu terlebih dahulu bagaimana struktur otak kita jika di tinjau dari ilmu hipnosis ini silahkan adan baca terlebih dahulu artikel kami tentang pikiran sadar dan bawah sadar disini.

Sesuai artikel kami tersebut, memang benar pikiran kami dapat dipisah menjadi dua yaitu pikiran sadar dan bawah sadar namun dalam perkembangan sekarang tidak hanya itu masih ada lagi satu pikiran yaitu pikiran tidak sadar, namun dalam konteks belajar hipnotis disini, pikiran kita hanya di bagi menjadi dua yaitu pikiran sadar dan bawah sadar atau conscious mind dan subconscious mind.

Pikiran sadar bekerja selayaknya seperti biasa kita setiap hari, pikiran sadar bekerja jika kita berada dalam gelombang otak beta. Dan hipnosis hanya akan bekerja jika kita berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar klien, ya hipnosis itu bekerja hanya saja jika kita bisa berkomunikasi dengan alam bawah sadar klien. Berkomunikasi dengan bawah sadar tidak harus membawa klien tidur, bahkan kita bisa berkomunikasi dengan bawah sadar klien dalam kegiatan sehari-hari namun tidaklah kita sadari.

Antara pikiran sadar dan bawah sadar klien dipisahkan oleh sekat yang bernama kritikal faktor, kritikal faktor ini yang membatasi akses kita ke pikiran bawah sadar, jadi jika kita akan berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar maka kita harus bisa menembus kritikal faktor ini.

Berikut adalah dua cara yang biasa dipakai untuk menembus kritikal faktor klien :

cara kerja hipnosis

Menon aktifkan pikiran sadar

Cara pertama untuk menembus kritikal faktor adalah dengan menon aktifkan pikiran sadar klien, dengan tidak aktifnya pikiran sadar maka kritikal area akan terbuka dan kita bisa masuk kesana untuk berkomunikasi dengannya, cara mudah untuk menerapkan prinsip ini adalah dengan membuat klien rileks dan tidur dalam kondisi trance sehingga pikiran sadar klien tertidur atau istirahat.

Mengelabuhi pikiran sadar

Pikiran sadar bisa kita kelabuhi dengan memindahkan fokusnya atau membuat dia bingung atau kaget dengan begiktu maka kritikal faktor akan terbuka untuk beberapa waktu, dengan teknik ini kritikal faktor dapat terbuka dalam waktu yang singkat maka anda harus cepat-cepat memberikan induksi sehingga pikiran bawah sadar klien langung aktif bekerja. Teknik ini bisanya di lakukan dalam waking hipnosis dimana kita menghipnotis orang tanpa harus membuatnya tertidur.

Demikianlah dua cara mudah yang dapat menjadi gambaran untuk anda bagaimana hipnosis ini bekerja, dan bagaimana alam bawah sara aktif untuk kemudian bisa kita manfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

Dan yang terpenting dalam hipnosis adalah “semua hipnosis adalah self hipnosis”  yang artinya adalah pikiran klienlah yang bekerja menyelesaikan permasalah seorang hipnotis hanya membantunya untuk mencapai kondisi tersebut.